Belajar Elektronika #1: Mengenal Resistor

Posted By: Jogja Robotika In: Artikel On: Friday, March 9, 2018 Comment: 0 Hit: 3228

Belajar Elektronika: Mengenal Resistor

.

Resistor

Apa itu resistor?

Resistor merupakan salah satu komponen penting di elektronika yang memiliki fungsi sebagai membagi tegangan listrik, menurunkan tegangan listrik, pembagi arus pada rangkaian parallel, dan pemikul beban (Load Resistance).

.

Jenis-Jenis Resistor antara lain:

A. Resistor Carbon Film

.

.

Biasanya dipasaran resistor tipe ini memiliki nilai hambatan 1Ω hingga 10MΩ dengan nilai daya berkisar 1/6W sampai 5W dengan nilai toleransi 5% & 10 %.

.

B. Resistor Metal Film

.

.

Merupakan jenis resistor yang lebih baik daripada resistor carbon film. Memiliki nilai toleransi lebih kecil dari resistor carbon, yaitu 1%.

.

C. Resistor SMD (Surface Mount Device)

.

.

Resistor jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan peletakannya menempel pada permukaan board PCB. Biasanya dipasaran resistor ini ada macam ukuran seperti 1206, 0805, 0603, dan lain-lain.

.

D. Resistor Pack

.

.

Merupakan gabungan beberapa resistor yang disusun menjadi satu kesatuan tanpa mengurangi fungsi dari resistor tersebut. Selain jenis DIP, resistor pack juga ada yang berbentuk SMD.

.

E. Variable Resistor / Trimpot

.

.

Merupakan resistor yang nilai hambatannya dapat diatur sesuai dengan range atau spesifikasi variable resistor tersebut. Macam-macam variable resistor seperti single turn trimpot, Multiturn trimpot, dan potensiometer mono.

.

F. LDR (Light Dependent Resistor)

.

.

LDR atau Light Dependent Resistor adalah jenis Resistor yang nilai Resistansinya dapat berubah karena dipengaruhi oleh intensitas Cahaya yang diterimanya.

.

.

Yaa tadi itu sedikit informasi singkat tentang apa itu resistor ya lur. Cek terus katalog jogjarobotika di www.jogjarobotika.com. Disitu kamu akan menemukan berbagai macam komponen elektronika lengkap.

.

.

Jangan lewatkan update menarik lainnya dari jogjarobotika
web: jogjarobotika.com
FB: facebook.com/jogjarobotika
IG: tokojogjarobotika

youtube: jogjarobotika

.
Hubungi kami di
email: csjogjarobotika@gmail.com
BBM: DCAA7230
WA: 0898 505 7070

Comments

Leave your comment